Selasa, 10 Juni 2014

Bekal bermain sepak bola


Sebelum kita bermain sepak bola ada 4 bekal yang harus kita persiapkan. apakah itu? Nasi bungkus, ayam goreng dan sambal terasi hehehe... tentu saja bukan, namanya juga bermain sepak bola jadi kita akan mempersiapkan segala hal yang membuat kita dapat bermain sepak bola dengan baik. ke-4 hal itu adalah sebagai berikut:

Keunggulan fisik, meliputi ketahanan (endurance), kekuatan strenght) dan kecepatan (speed). Ketahanan berarti kita mampu bermain dalam waktu yang cukup panjang tanpa ngos-ngosan alias kehabisan nafas (ketahanan aerobik) ataupun ngilu-ngilu (ketahanan otot). Kekuatan berarti otot-otot tubuh kita cukup kuat untuk menendang bola dengan keras, melempar bola cukup jauh, melakukan body charge dengan kuat dan sebagainya. Kecepatan bermakna kita dapat berlari dengan cepat (sprint) baik dengan bola maupun tanpa bola.
Keterampilan (skill),yang dimaksud dengan skill disini adalah fundamen (teknik-teknik dasar) sepak bola yang meliputi mengumpan (passing), mengontrol bola (receiving), menembak (shooting), melindungi bola (keeping), menggiring bola (dribbling), menyundul bola (heading), melempar bola ke dalam (throw in).
Kerjasama tim (teamwork), sebuah tim akan bermain dengan baik jika semua pemain saling bekerjasama dan menjalin komunikasi dengan baik,tidak ada yang egois, semuanya bermain untuk tim.
Taktik dan Strategi, jika dua tim memiliki pemain yang kuat fisiknya, terampil dalam mengolah bola dan mampu bekerjasama dengan baik. Maka faktor terakhir yang menentukan sebuah tim menang adalah taktik dan strateginya ( selain keberuntungan tentunya ), tim yang memounyai taktik dan strategi yang lebih cerdas pastilah akan menang.
Selain ke-empat hal di atas kita juga harus memiliki mental yang positif, kepercayaan diri, optimisme serta semangat tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar