Selasa, 10 Juni 2014

Tips Mengumpan (Passing)


Teknik mengumpan (passing) adalah memberikan bola kepada teman kita yang tidak terkawal agar tetap menguasai bola, mengumpan merupakan teknik dasar yang wajib dimiliki oleh setiap pemain sepak bola.

Macam-mamam passing
Ada 2 jenis passing
Umpan datar yaitu memberikan bola kepada teman dengan cara menggelindingkan diatas tanah, umpan ini dilakukan apabila jarak teman kita cukup dekat dengan kita, umpan ini sangat mudah diterima teman tapi sulit dipotong lawan.
umpan lambung yaitu mengoper bola dengan cara menendang bola diatas kepala lawan, umpan ini dilakukan apabila jarak teman kita berada jauh dari kita. karena sifatnya fifty-fifty bola mudah terpotong lawan dan sulit diterima teman kita, umpan lambung dilakukan bila kita ingin memidahkan bola dari dareah padat ke daerah kosong juga untuk melakukan serangan mendadak.
Mengumpan bola tidak harus selalu tepat ke arah teman contoh:
jika teman kita sedang berlari berikan umpan ke daerah kosong didepannya.
jika kita ingin teman kita merangsak kedepan berikan bola ke daerah kosong didepannya.
umpan terobosan.
Beberapa kesalahan mengumpan
laju bola tidak sesuai jarak passing (terlalu keras atau terlalu lembek) jika terlalu kertas bola tidak terjangkau kawan, jika terlalu lembek bola terpotong lawan.
umpan tidak akurat
mengumpan padahal waktunya menembak.
Variasi umpan
Didalam pertandingan kita harus melakukan variasi umpan agar serangan kita lebih kreatif dan sulit dibaca lawan. berikut beberapa variasi umpan.
umpan1-2 (wall pass)
umpan terobosan
umpan silang
umpan diagonal
sekian beberapa tips dari saya jika ada yang mau menambahkan silahkan beri komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar